7 Tips Perbaiki Hubungan Dengan Al-Qur’an

Add caption
Apakah Anda termasuk orang yang jarang menyentuh Al-Qur’an? Atau Anda tilawah (membaca) Al-Qur’an setiap hari, tapi tidak merasakan sesuatu yang menggetarkan? Apapun yang Anda alami dan rasakan, berikut ini cara sederhana memperbaiki hubungan dengan Al-Qur’an.
1. Siapkan hati
Kunci untuk benar-benar mendapat manfaat dari Al-Qur’an adalah dengan mengecek hati Anda terlebih dahulu sebelum menyentuh Kitabullah tersebut. Tanyakan dengan jujur pada diri sendiri kenapa Anda membaca Al-Qur’an. Apakah sekadar menghabiskan waktu dan mengikuti kebiasaan? Ingatlah Rasulullah Muhammad SAW digambarkan oleh istrinya sebagai “Al-Qur’an yang berjalan“. Dengan kata lain, beliau SAW tak hanya membaca dan menghafal Al-Qur’an. Tetapi hidup bersamanya dan menghidupkan Al-Qur’an dalam kesehariannya.
2. Berwudhu
Selain untuk kesucian, berwudhu juga merupakan persiapan yang baik bagi fisik dan mental. Berwudhu mengingatkan kita bahwa yang akan kita baca bukanlah buku biasa. Kita akan berinteraksi dengan Allah melalui ayat-ayat-Nya. Menjadi bersih dan suci adalah utama sebelum berkomunikasi dengan-Nya.
3. Hanya 5 menit
Seringkali, kita berpikir bahwa membaca Al-Qur’an membutuhkan waktu yang lama. Bagi Anda yang belum terbiasa membaca Al-Qur’an secara rutin mungkin menganggap demikian. Mulailah cukup dengan 5 menit sehari, tidak lebih. Bila Anda melakukan langkah 5 menit ini setiap hari, insyaAllah waktu 5 menit ini akan bertambah. Akan Anda tambah sendiri secara sukarela.
4. Mengertilah
Waktu 5 menit untuk membaca Al-Qur’an dalam  adalah baik. Tetapi Anda juga butuh memahami apa yang Anda baca bukan. Sempatkan selalu membaca terjemahan dari ayat-ayat yang tengah Anda baca. Saat ini sudah banyak Al-Qur’an dilengkapi terjemahannya beredar di pasaran. Bentuknya ringan dan dapat dibawa sambil bepergian.
5. Media paling interktif
Dengan maraknya penggunaan komputer dan perangkat komunikasi mobile, banyak orang beranggapan bahwa buku adalah media yang pasif dan membosankan. Tetapi tidak demikian halnya dengan Al-Qur’an. Ingatlah, ketika membaca Al-Qur’an, Anda tengah berinteraksi dengan Sang Pencipta. Allah berbicara padamu. Dengarkanlah. Perhatikanlah.
6. Dengarkan juga
Saat ini banyak tersedia media pemutar suara. Bacaan ayat-ayat Al-Quran oleh para imam dalam bentuk file audio juga mudah diperoleh. Gunakan walkman, CD, mp3 player, handphone  atau lainnya untuk mendengarkan dan menyimak Al-Qur’an. Lakukan ini tidak sebagai pengganti dari membaca Al-Qur’an.
7. Berdo’a
Memohonlah pada Allah kala Anda membaca Al-Qur’an. Berdo’alah untuk selalu dalam bimbingan, bantuan dan perlindungan-Nya. Memintalah untuk dimudahkan membaca, menghafal, memahami, mengamalkan,mengajarkan dan memperjuangkan Al-Qur’an. Berdoalah.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment