Untuk Apasih Kita Perlua Buat Perjanjian ketika akan Nikah


Menurut Rizky Rahmawati Pasaribu, SH dari LKBH PEKA (Lembaga Konsultasi & Bantuan Hukum untuk Perempuan dan Keluarga), perjanjian pranikah adalah kesepakatan yang dibuat sebelum menikah, dilakukan oleh calon suami dan juga calon istri.
Agar memiliki kekuatan hukum, maka perjanjian sebaiknya dibuat oleh notaries ataupun pengacara yang dipilih oleh pasangan calon pengantin. Pada saat pernikahan dilangsungkan, perjanjian pranikah harus disahkan oleh Pegawa Pencatat Perkaawinan yakni, KUA bagi yang beragama islam, dan di Kantor Catatan Sipil bagi yang beragama non Islam.

Apa saja isi perjanjian? “Pada prinsipnya, isi dari perjanjian pra-nikah itu berbeda-beda dan apa yang tercantum di dalamnya sangat tergantung dari masing-masing pasangan, dalam hal ini keinginan si calon suami dan calon istri tersebut selama perjalanan mereka mengarungi bahtera rumah tangga,” ujar Rizky yang kerap disapa Kiky.

Pada dasarnya isi perjanjian pranikah tidak hanya terbatas pada masalah keuangan atau pemisahan harga semata, walaupun masalah ini termasuk hal yang paling sensitive dan menjadi unsure utama yang kerap dicantumkan dalam perjanjian pranikah. Selain masalah keuangan, perjanjian juga bisa meliputi berbagai hal penting lainnya yang berpotensi akan timbul selama masa perkawinan.

Dengan demikian, perjanjian pranikah bukanlah persiapan untuk bercerai. Melainkan justru untuk memperkokoh tiang rumah tangga dari terpaan badai yang setiap saat sangat mungkin akan menerpa. Isi perjanjian bisa secara detil mengatur kesepakatan antara calon suami dan istri. Diantaranya hal-hal yang menyangkut:
  • Hak dan kewajiban suami isteri dalam perkawinan
  • Pekerjaan, antara lain kesepakatan mengenai pendapatan (keuangan/ gaji) masing-masing apabila keduanya bekerja.
  • Pemisahan harga kekayaan, jadi tidak ada harga gona-gini.
  • Pemisahan hutang piutang, baik hutang piutang sebelum maupun sesudah menikah.
  • Tanggungjawab terhadap anak-anak hasil pernikahan, baik pengaturan biaya hidup maupun kebutuhan biaya pendidikan.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment