Buah Manggis? kenapa tidak

Manggis merupakan salah satu buah yang paling populer yang hidup di daerah tropis, manggis tumbuh di daerah lembab, iklim panas. Pohon manggis adalah pohon cemara kecil yang ditemukan di kepulauan Pasifik, Afrika dan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Nama lain dari manggis yaitu Garcinia mangostana L., manggis, mangostan atau mangis. Bentuknya sendiri bundar, sekitar 2-3 inci diameter, berwarna ungu gelap dan mempunyai daging yang putih seperti salju. Buah manggis sangat popular untuk obat. Ia menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, itu sebabnya dikenal sebagai “Ratu buah”.
Apa Manfaat Buah Manggis?
Manggis sangat terkenal dengan rasanya yang lezat dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Sangat kaya akan serat dan karbohidrat. Kandungan lainnya yaitu vitamin A, vitamin B2 dan B6 dan vitamin C serta mineral seperti besi, kalsium dan kalium. Buah manggis merupakan sumber dari santon.
Xanthone adalah kelompok senyawa polifenol alami seperti garcinone E, garconone B, alfa mangostin dan beta mangostin. Karena sifat antioksidan dari santon, mereka membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mengendalikan efek yang buruk.
Antioksidan dapat menghambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan penyakit degeneratif seperti arthritis. Manggis juga dapat secara efektif digunakan untuk mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, trombosis dan hipertensi. Buah manggis juga populer untuk antijamur nya, antibakteri, sifat anti kelelahan dan antihistamin. Karena mempunyai sifat anti alergi, sehingga manggis dapat digunakan untuk menyembuhkan alergi. Sifat anti inflamasi dapat meredakan rasa sakit linu panggul dan neuropati perifer.
Buah dan jus manggis dapat secara efektif digunakan untuk mencegah penyakit berbahaya yang berbeda seperti diabetes, kanker, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, migrain, penyakit jantung serta kondisi kesehatan kronis lainnya seperti demam, nyeri peradangan, tubuh dan depresi. Buah manggis juga mendukung keseimbangan mikroba, meningkatkan fleksibilitas sendi, memelihara kesehatan usus, meningkatkan sistem pernafasan yang sehat dan memberikan dukungan mental yang positif.
Penggunaan Buah Manggis untuk Pengobatan
Selama berabad-abad, buah manggis telah digunakan untuk tujuan pengobatan seperti pengobatan tradisional Cina untuk mengobati berbagai penyakit. Buah ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati infeksi yang berbeda. Kulit kering pada buah manggis kaya akan tanin. Tannin diketahui memiliki sifat antiseptik dan zat. Kulit bubuk ini digunakan untuk mengontrol disentri.
Ekstraksi kulit yang digunakan untuk menghilangkan kista, diare, sindrom iritasi usus besar dan gonore. Hal ini dapat diterapkan secara eksternal sebagai sebuah zat. Buah manggis dapat digunakan dalam bentuk salep untuk menyembuhkan eksim, ruam kulit dan gangguan kulit lainnya. Sebuah ekstraksi akar pohon manggis adalah membantu dalam mengatur menstruasi.
Satu harus diingat, bahwa santon dalam buah manggis dapat mengganggu proses normal pembekuan darah dan obat pengencer darah seperti warfarin, dapat menyebabkan perdarahan. Jika diambil dalam dosis yang lebih tinggi, manggis dapat menyebabkan efek obat penenang. Meskipun efek samping, buah manggis tidak diragukan lagi merupakan sumber yang sempurna dari semua nutrisi penting. Hal ini dapat diambil dalam bentuk jus atau teh manggis atau suplemen manggis.
Manfaat Manggis Menurut Praktisi
Professional kesehatan yang berpengalaman membantu pasien dan menyembuhkan pasien, telah menulis secara luas tentang manfaat buah manggis untuk kesehatan.
Beberapa praktisi kesehatan, yang pernah merasakan manfaat buah ini dalam kehidupan mereka sendiri dan pada pasien mereka, berpendapat bahwa:
“Manggis menyediakan dukungan kuat untuk setiap sistem organ dalam tubuh manusia Fakta ini dikonfirmasikan setiap hari dengan pengalaman klinis …. Saya yakin bahwa Manggis akan dan tanpa diragukan lagi, menjadi suplemen makanan yang paling sukses yang pernah ada.” Kata J. Frederic Templeman, MD, seorang dokter perawatan primer selama lebih dari 20 tahun dan papan bersertifikat di Amerika Serikat dan Kanada.
“Manggis … mampu membalikkan sebagian besar penyakit manusia modern.” Kata Kenneth J. Finsand, MD, seorang dokter chiropractic berlatih selama hampir 30 tahun yang khusus dalam kedokteran fungsional sepanjang karir kedokterannya.
“Manggis memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar untuk setiap organ dalam tubuh kita.” Kata Sam Walters, NMD, seorang praktisi keluarga dilatih sebagai spesialis dalam kedua obat tradisional dan alami, dengan lebih dari 30 tahun mempunyai pengalaman praktis yang komprehensif dalam profesi medis, dan merumuskan produk nutrisi bagi perusahaan dan institusi termasuk Space Center NASA untuk austronauts.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment