Kita Sambut 10 hari pertama di bulan ramadhan

10 hari pertama di bulan ramadhan

Subhannallah, kondisi masjid di malam pertama di bulan ramadhan sangat padat. Orang berbondong-bondong untuk memakmurkan masjid. Hal ini di karenakan tensi tinggi keimanan umat Islam dan euforia untuk menyongsong bulan pengampunan ini. Kondisi masjid pada 10 hari pertama mungkin masih ramai, sesak dan padat pengunjung. Namun bagaimanakah keadaan masjid pada hari berikutnya di malam ramadhan. Apalagi kondisi masjid di luar ramadhan. Umat islam jarang dan enggan untuk memakmurkan masjid.

Kondisi umat Islam di 10 hari pertama di bulan ramadhan masih diliputi keimanan yang tingi sehingga masih banyak yang melaksanakan puasa. Walaupun fase ini sangat sulit bagi beberapa orang. Biasanya udah kenyang pada siang hari namun kali ini harus menahan lapar disi siang hari.

Puasa di dalam amalan syariat Islam tidak hanya menahan lapar, menahan dahaga dan menahan syahwat. Perlu juga puasa lisan, puasa pendangaran dna puasa penglihatan serta tetap menjaga hati ini. Puasa model ini adalah puasa yang sulit. perlu perjuangan untuk meraihnya. Puasa adalah ibadah yang sangat istimewa di sisi Allah.  Pada sebuah potongan hadist qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim menjelaskan keutamaan puasa. Dari Abu Hurairah ra., dia berkata: “Rasulullah bersabda: “Allah berfirman: Setiap amalan anak Adam adalah untuknya sendiri melainkan puasa, karena puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya…”

Amalan di bulan puasa ini dengan memperbanyak shalat sunah karena pahala yang didapat akan berlipat. Namun harus ikhlas karena Allah, janganlah pahala yang jadi target tapi proses pembelajaran diri untuk melaksanakan sariat islam dengan melaksanakan shalat sunah. Setelah shalat iringi dengan memperbanyak do'a dan membaca Al-qur'an. Memperbanyak shodaqah, dengan banyak cara. Serta memberi takjil bagi orang yang berbuka. Pahala nya sama seperti orang yang melakukan puasa 1 hari.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment