15 hal hindari stress


Bagi wanita yang memiliki banyak aktivitas, tingkat stres karena tekanan pekerjaan cenderung meningkat. Waktu untuk beristirahat pun sedikit. Padahal, kunci menghindari kelelahan adalah dengan beristirahat agar tubuh bisa bugar kembali. Jika tidak memiliki waktu istirahat banyak, cobalah dengan cara-cara singkat di bawah ini untuk mengurangi kepenatan Anda.
Curhat
Menceritakan masalah kepada orang-orang yang Anda percayai, sangatlah mujarab untuk mengatasi galau atau menghilangkan stres. Menyimpan masalah bukanlah solusi yang baik, jadi lebih baik kita buang saja karena masalah hanya akan memberatkan ransel kehidupan kita.
Menulis Diary
Cobalah untuk mencari tempat dan waktu yang tenang, dan mulailah menulis. Anda dapat menuliskan tentang segala sesuatu yang terjadi sehari-hari. Biarkan kata-kata yang digoreskan mengalir dan keluar secara spontan, sesuai dengan yang dirasakan dan dipikirkan pada saat itu.
Berolahraga Ringan
Hentikan kegiatan sejenak, ambil waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan olahraga ringan agar kelenturan tubuh Anda terjaga. Olahraga juga dapat memperbaiki aliran darah ke otak, menambah gelombang alfa di otak yang berhubungan dengan ketenangan dan relaksasi, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi ketegangan otot.
Putar & Dengar Lagu Favorit
Putar lagu-lagu favorit. Ikutlah bersenandung atau bahkan berdansa mengikuti irama lagu. Biarkan musik  melantun dan mulai menyejukkan hati Anda.
Tertawa
Tonton film-film komedi, duduk santai, dan tertawa merupakan salah satu cara yang baik untuk kesehatan. Tertawa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang menyebabkan otak mengendurkan stres.
Ciptakan Ritual
Ciptakan ritual yang menimbulkan kenyamanan, seperti duduk berdua dengan pasangan dan berbagi teh hangat dari cangkir yang sama. Atau sakedar merespon dan bercanda dengan anak dapat meringankan pikiran dan membuat awet muda.
Makan Sehat  
Makanan-makanan dengan kadar lemak rendah dan karbohidrat tinggi seperti donat, popcorn , kue-kue kering serta kue dari bahan beras, merangsang zat-zat kimia dari otak kita yang membantu menyejukkan bila sedang stres.
Minum Air Putih dan Konsumsi Buah dan Sayur
Air putih, buah serta sayur wajib untuk dikonsumsi buat tubuh Anda.  Terutama jika suasana hati sedang ‘panas’ tubuh memerlukan asupan air untuk membantu mengatur suhu tubuh dan menyejukkan badan.
Penuhi Kebutuhan Jiwa  
Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tidur atau menonton film percintaan yang romantis, membaca surat-surat lama, atau apa saja. Biarkan hari itu terbebas dari rutinitas membosankan.
Luangkan Waktu Bersama Sahabat
Sambil minum kopi atau teh hangat, nikmati kebersamaan dengan sahabat perempuan, bercerita tentang apa saja. Perempuan merasakan kenyamanan, dukungan, dan kedekatan tersendiri bila berada bersama-sama teman perempuannya.
Matahari Pagi
Jangan sia-siakan sinar matahari di pagi hari. Luangkan sedikit waktu agar terkena sinar matahari setiap pagi. Selain tubuh akan terasa hangat dan bugar, juga sehat karena memperoleh vitamin D alami
Meditasi
Meditasi mengurangi tekanan darah dan secara dramatis membantu mengurangi tingkatan stres Anda.
Coffee Break
Sore sekitar jam 3 atau jam 4 adalah saat-saat paling penat dan mengantuk pada jam kerja, daripada mencoba melanjutkan pekerjaan dalam keadaan kacau karena mengantuk lebih baik coba berjalan ke arah toilet untuk sedikit menggerakan badan kemudian seduh kopi di pantry  hal ini membuat Anda merasa segar kembali dan lebih bersemangat sesudahnya.
Berhubungan Intim
Berhubungan badan akan membuat diri merasa relaks, terutama seks yang memuaskan akan memberikan relaksasi yang mendalam.
Meletakkan Tanaman di Dekat Meja
Coba, deh, letakkan sebuah tanaman dalam pot dekat meja kerja Anda. Orang yang dekat tanaman bereaksi 12% lebih cepat dan tidak mudah stres saat bekerja.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment