Obsesi dari Impian


Kalimat diatas tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita, siapa yang tak kenal pelantun kalimat tersebut, sebuah kalimat yang dirangkum menjadi sebuah lagu untuk dijadikan OST film box office kebanggaan Indonesia yaitu laskar pelangi.

Film Laskar pelangi sendiri adalah sebuah adaptasi sinema dari novel fenomenal laskar pelangi karya andrea hirata, yang mengambil setting setting akhir 70-an di desa gantong, belitong, sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya indonesia. Film ini berkisah tentang kalangan pinggiran, tentang perjuangan hidup menggapai cita-cita (mimpi) yang mengharukan dan indahnya persahabatan.


Sebenarnya tulisan kali ini atau tulisan perdana ini semenjak saya meninggalkan dunia perblogspotan bukanlah ingin mempromosikan film laskar pelangi, tapi ingin menyampaikan beberapa pesan di dalam film laskar pelangi yang memiliki makna yang sama dengan tema baru pada blog saya.

Tentunya pemilihan tema ini sudah melalui pengamatan, penimbangan, dan penalaran sehingga memutuskan untuk menggunakannya pada blog ini. berikut alasan kenapa saya mengganti tema blog saya menjadi “MERAIH MIMPI” dan memasukkan sepenggal OST Laskar Pelangi didalamnya.

Film laskar pelangi adalah film yang menceritakan tentang 10 orang pemuda yang berjuang meraih cita-citanya

Kata 10 orang pemuda tentunya mengingatkan kita pada sebuah kalimat yang tak asing lagi bagi kita.
“berikan aku 10 pemuda maka akan kuguncangkan dunia” (Soekarno).
Sejarah telah menyebutkan bahwa pemuda selalu memegang peranan penting ketika terjadi momen-momen penting, dan hal ini bukan hanya di indonesia semata, tetapi juga di seluruh dunia. Inilah alasan mengapa tema blog ini memuat unsur laskar pelangi karena didalamnya terdapat unsur kepemudaan. Sehingga diharapkan sedikit banyak blog ini ke depannya dapat menjadi masukan dan motivasi kepada para pemuda untuk bangkit dan terus bergerak membangun sebuah peradaban.

Masih dari sepenggal kalimat diatas, sebuah kata ”meraih cita-cita” atau saya lebih suka menyebutnya mimpi. Sudah banyak orang yang berkata mulailah dari mimpi, karena kebesaran selalu bermula dari sana. Mimpi adalah sebuah kekuatan motivasi yang melahirkan kegelisahan jiwa sehingga membentuk kemauan dan tekad untuk meraihnya. Pada dasarnya saya sangat setuju pada kalimat tersebut tapi ketika kita bicara tentang mimpi maka kita harus bisa membedakan apa itu mimpi..? dan apa itu angan-angan...?

menurut Anis matta perbedaan antara mimpi dan angan-angan adalah
Mimpi mempunyai rasionalitas, struktur dan susunan yang solid, terbangun dari proses perenungan yang panjang dan mendalam, terbentuk melalui pengalaman-pengalaman hidup yang terhayati dalam jiwa dan terolah dalam pikiran sehingga mimpi biasanya tervisualisasi dengan amat jelas.
Sedangkan Angan-angan tidak mempunyai rasionalitas, tidak terstruktur dan tidak tersusunan secara solid, lebih banyak lahir dari sikap melankolik, sering merupakan pelarian dari dunia nyata, sering juga merupakan cara menghibur diri dari kegagalan hidup.

Jadi dapat disimpulkan bahwa mimpi adalah cara membangun realitas sedangkan angan-angan adalah cara memanipulasi realitas. Maka dari itu dalam blog saya saat ini, saya mengajak kawan-awan semua untuk mulai berani merumuskan bermimpi, tetapi tidak berangan-angan.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment