Pesan Moral dari Pak Salabah

Sa’labah adalah salah seorang sahabat Nabi yang selalu rajin dan taat beribadat shalat berjamaah. Akan tetapi dia selalu buru-buru pulang karena sarung yang dia apakai akan dipakai lagi oleh isterinya yang menunggu di rumah. Hal ini terjadi karena saking miskin nya ia sehingga sarung yang layak untuk shalat pun mereka punya satu-satunya yang diapakai shalat  secara bergiliran .
Hal ini mengantarkan dia untuk memberanikan diri menghadap Rasulullah supaya dioakan agar rejekinya meningkat sehingga bebas dari kemiskinan. Pada mulanya Rasulullah saw menolak permintaan nya. Karena dia selalu meminta maka suatu hari Rasulullah mendoakan nya, tetapi tidak semata doa, Rasulullah menyerahkan sepasang domba untuk dia ternakkan.
Walhasil Sa’labah sibuk menernakkan dombanya sehingga berhasil lah dia sebagai peternak. Karena kesibukannnya itu dia agak jarang ke masjid, dann bahkan sampai kepada sikapnya berubah menolak ketika dia dimintai zakat nya.
Dalam kesempatan berceramah, para penyampai selalu menyampaikan bahwa dalam kisah Sa’labah ini ada pesan keserakahan dan lupa diri. Sehingga setiap penyampaian tentang Sa’labah selalu pesan ini yang disampaikan.
Akan tetapi, kalau kita cermati besrama, sebetulnya ada pesan positif di sini, yaitu “doa saja tidak cukup”, kita perlu ikhtiar, dan hal ini dicontohkan oleh Rasululah saw dengan memberikan sepasang domba.
Demikian, lebih dan kurang saya mohon maaf.
M. Ilyas Ahkab.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment