Pola Hidup Sehat - Cegah Diabetes

Gaya Hidup Sehat Tetap yang Terbaik Cegah Diabetes Penyakit diabetes atau dikenal kencing manis, dapat dicegah baik melalui gaya hidup sehat dan konsumsi obat pencegah diabetes. Namun perubahan gaya hidup tetap menunjukkan hasil terbaik.
Hal diungkapkan Ketua Jakarta Diabetes Meeting (JDM)  ke-21, Tri Juli ET, dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI /RSUPN Cipto Mangunkusumo, dalam seminar media bertajuk Diabetes Management: Strategy of Treatment and Evaluation to Prevent Further Complication, Selasa (6/11/2012) di Jakarta. Kegiatan itu diselenggarakan terkait penyelenggaraan JDM Ke-21, dalam waktu dekat.
Individu dengan pre-diabetes dapat mencegah dirinya masuk ke dalam kondisi diabetes, jika menjalankan gaya hidup sehat atau konsumsi obat. Diabetes dapat dicegah dengan menjalankan diet sehat, olahraga teratur, pemeriksaan berkala kesehatan, dan istirahat cukup. Obat-obatan yang membantu mencegah diabetes antara lain metformin, pioglitazone, dan acarbose.
Tetapi, konsumsi obat pencegah diabetes ini harus dengan konsultasi dokter dan diawasi. "Obat juga hanya diberikan, jika motivasi individu untuk menjalankan gaya hidup sehat sangat rendah, terlalu sibuk bekerja, serta terdapat faktor risiko besar, seperti obesitas dan orangtua menderita diabetes," ujarnya.
Dalam berbagai penelitian di dunia, Tri Juli mengatakan, telah ter bukti bahwa gaya hidup tetap paling besar dalam menurunkan risiko diabetes, bahkan dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan pencegah sekalipun.
Studi Diabetes Prevention Program (DPP) di Amerika yang melibatkan 3.324 peserta pre-diabetes, misalnya, membandingkan kelompok yang diintervensi dengan gaya hidup sehat dan kelompok menggunakan obat (metformin) selama 3 tahun.
"Kelompok yang intervensinya gaya hidup risiko turun hingga 58 persen, sedangkan yang menggunakan obat risiko turun 31 persen. Sejumlah studi lain, seperti studi Da Qing di China juga menunjukkan hasil yang mirip," ujarnya.
Walaupun bukti berbagai studi menunjukkan pentingnya gaya hidup sehat untuk mencegah diabetes, sangat sulit untuk mengubah cara hidup. Padahal, perubahan ke arah gaya hidup sehat juga jauh lebih murah, ketimbang konsumsi obat atau biaya yang dikeluarkan jika nantinya menderita diabetes.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI
Tags:
JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SUKA DIBAWAH INI

0 comments

Post a Comment